Inilah Alasan Mengapa Pengajuan KTA Anda Ditolak Pihak Bank 4


Produk kredit di gunakan ketika kondisi keuangan sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan. Padahal seperti yang diketahui saat ini bahwa  kebutuhan semakin meningkat dan harga- harganya pun juga terus merangkak naik. Di tambah lagi penghasilan yang diperoleh tidak bisa menyeimbangi kenaikan kebutuhan- kebutuhan tersebut. Maka, memilih menggunakan produk kredit di bank merupakan pilihan yang tepat dan terbaik untuk bisa menyelesaikan masalah keuangan yang ada. Tentu ketika memutuskan untuk menggunakan fasilitas atau produk kredit, pastinya mempunyai harapan besar bahwa pengajuan kredit bisa diterima atau disetujui. Namun bagaimana jika kenyataan yang ada tidak sesuai dengan harapan? Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Anda yang di harap-harapkan dapat diterima dan bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah namun justru malah di tolak oleh pihak bank.

Tentu tidak enak jika sesuatu yang diharapkan malah ditolak. Apalagi jika memang kita berada dalam keadaan yang mepet dan sangat membutuhkan sokongan dana untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Produk kredit Tanpa Agunan merupakan jenis kredit yang populer dan sering di gunakan oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan produk KTA ini memiliki banyak kelebihan dan keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga digandrungi oleh masyarakat. kelebihan dari produk Pinjaman tanpa agunan ini yaitu calon nasabah tidak perlu untuk menyertakan agunan atau jaminan atas pinjaman yang di ajukan. Dengan kelebihan tersebut tentu seseorang menjadi lebih mudah dalam mengajukan pinjaman KTA ini meskipun tidak mempunyai aset yang bisa di gunakan sebagai jaminan. Selain itu, produk KTA juga merupakan produk yang memiliki syarat yang cukup mudah. Calon nasabah tidak di bebankan dengan persyaratan yang berat ketika mengajukan pinjaman KTA. kemudian selain itu, produk KTA juga termasuk kredit yang memiliki proses pencairan yang cepat. Sehingga produk kredit ini bisa gunakan untuk keperluanAnda yang mendesak dan kebutuhan yang membutuhkan waktu yang cepat pemenuhannya seperti untuk kebutuhan mendesak untuk biaya persalinan dan biaya rumah sakit ketika anggota keluarga sakit. Kelebihan yang dimiliki oleh produk KTA ini tentu bisa mempermudah masyarakat dalam menyelesaikan masalahnya. Namun kembali lagi, jika pengajuan KTA diterima tentu sebuah kesempatan dan sangat membantu. Tetapi bagaimana jika pengajuannya ditolak? Namun sebelum itu, apa sih sebenarnya faktor atau alasan yang mendasari pihak bank untuk dapat menolak pengajuan KTA calon nasabahnya? Untuk mengetahui hal tersebut berikut kami berikan informasi mengenai alasan bank menolak pengajuan KTA. Selamat menyimak.

Dokumen Kurang Lengkap.

Hal sepele yang bisa menjadi faktor penolakan pengajuan KTA yang diajukan adalah dokumen kurang lengkap. Kurang lengkapnya dokumen yang dikumpulkan bisa jadi menjadi alasan pihak bank menolak pengajuan kredit. Tentu ketika mengajukan pinjaman ke bank Anda akan di sodorkan persyaratan berupa dokumen- dokumen penting yang wajib Anda penuhi. Dokumen tersebut di gunakan oleh bank juga untuk pertimbangan apakah akan menerima atauu menolak pengajuan KTA Anda. Jadi, usahakan untuk melengkapi persyaratan yang diberikan oleh pihak bank jika Anda ingin pengajuan KTA Anda di terima atau di setujui.

Tidak Lolos BI Checking.

Selain kurang lengkapnya dokumen yang dikumpulkan, pihak bank bisa menolak pengajuan KTA tanpa melihat faktor lain jika tidak lolos dalam tahap BI Checking. Tahap ini sangat penting dimana pihak bank melihat riwayat kredit sebelumnya. Biasanya jika tidak lolos BI Checking itu karena pada kredit sebelumnya terlihat kurang kooperatif dalam melakukan pembayaran atau bisa dikatakan mengalami gagal bayar. Akibatnya, nilai di BI Checking tersebut akan jelek dan nantinya akan diblacklist dan masuk dalam daftar hitam nasabah. Untuk minimal skor dalam BI Checking masing- masing bank memiliki kriteria yang berbeda. Jadi, jika ingin dapat diterima pengajuan KTA yang dilakukan maka sebaiknya pastikan bahwa Anda tidak pernah melakukan kredit macet.

Tahap Wawancara

Untuk faktor yang satu ini, bukan hanya untuk KTA konvesional saja namun untuk pengajuan KTA Online tahap ini juga patut diperhitungkan. Ketika Anda melakukan pengajuan di aplikasi maka setelah itu beberapa saat kemudian Anda pasti akan di telpon untuk melakukan wawancara. Jadi maksimalkan kesempatan pada tahap wawancara ini jangan sampai Anda mengabaikan dan akibatnya pengajuan KTA Anda ditolak.

Penghasilan Tidak Memenuhi Batas Minimum

Hal penting lainnya yang bisa menyebabkan pengajuan KTA Anda di tolak adalah berhubungan dengan penghasilan atau pendapatan yang Anda peroleh. Setiap bank biasanya memiliki ketentuannya masing- masing daam menentukan batas minimum penghasilan yang harus Anda peroleh. Penghasilan tersebut memang harus melampaui batas minimum yang ada karena digunakan sebagai patokan untuk pihak bank dalam menentukan apakah pengajuan KTA Anda di tolak atau di terima sekaligus jumlah kredit yang bisa Anda terima. Penghasilan tersebut juga biasanya diperhitungkan oleh pihak bank mengingat kredit ini tidak menggunakan jaminan. Maka pastikan bahwa penghasilan yang Anda peroleh melampaui atau minimal pas dengan persyaratan yang diberikan oleh pihak bank.

Jumlah Hutang

Faktor lain yang bisa menyebabkan pengajuan kredit Anda di tolak adalah jumlah hutang. Maksudnya, jumlah hutang yang Anda miliki harus tidak melebihi dari 40% dari jumlah penghasilan Anda. Jadi misalnya Anda memiliki penghasilan Rp 3 juta dan jumlah hutang yang Anda miliki melebihi dari Rp 1,2 juta maka tentu pihak bank akan menolak pengajuan KTA Anda. Jadi, sebelum memutuskan untuk menngunakan atau mengajukan KTA pastikan terlebih dahulu bahwa jumlah hutang Anda tidak melebihi dari 40% dari penghasilan yang Anda peroleh.

Keterangan Palsu

Apa yang dimaksud dengan berbohong? Jangan harap pengajuan KTA Anda bisa diterima atau di setujui oleh pihak bank jika Anda berbohong dalam memberikan keterangan atau data kepda bank. Misalnya saja jika Anda berbohong mengenai jumlah penghasilan yang Anda peroleh. Apabila sebenarnya penghasilan Anda Rp 5 juta namun Anda mengaku kepada pihak bank Rp 7 juta maka jelas jika ketahuan pengajuan KTA Anda akan di tolak.

Rekomendasi Pihak Ketiga

Faktor selanjutnya yang bisa menyebabkan pengajuan KTA Anda adalah dari rekomendasi pihak ketiga. Selain wawancara dan data yang Anda berikan kepada pihak bank. Pihak bank atau penyedia jasa biasanya akan melakukan survei dengan meminta bantuan keterangan dari rekomendasi pihak ketiga. Biasanya tahap ini dilakukan pada akhir pengajuan KTA yaitu di gunakan sebagai kroscek atau membandingkan apakah keterangan dan data yang Anda berikan sebelumnya sama dengan keterangan dan data yang di sampaikan oleh pihak ketiga. Karena terkadang nasabah karena ingin dan butuh sekali sokongan dana maka akan melakukan segala cara salah satunya memberikan keterangan palsu. Maka keterangan dan rekomendasi pihak ketiga sangat penting dan bisa mempengaruhi keputusan bank apakah ingin menolak apa menerima pengajuan kredit Anda. semoga bermanfaat.

Artikel ini diperoleh dari archive taralite


About Nunu Asrul

Dream Catcher | Pengamat Purnama & Bintang | Pengumpul Buku & Mainan | Penikmat Ice cream | Pengisi Blog | Penjelajah Alam | Biomedic-Physiologist |Mastoideus | @SigiMks | Soulmaks Creative | 1000Guru Makassar


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 thoughts on “Inilah Alasan Mengapa Pengajuan KTA Anda Ditolak Pihak Bank