3 Hari 4 Negara – Part 2- 4


Read  :  3 Hari 4 Negara Part 1 –  Part  3  – Part 4 –

***

Tiba di Colombo, seorang petugas berteriak :

“Riyadh, here! ”

yah, aku salah satu penumpang yang akan berangkat menuju Riyadh, dengan santai, aku berjalan mengikuti petugas itu dan sekali lagi, moto-moto. Oleh petugas, kami disuruh berbaris di depan counter Mihin Lanka. Lama berdiri, 10 menit, 15 menit, 30 menit. Petugas tadi bolak balik tampak panik. hmm.. aku bingung, keberangkatan yang seharusnya 1 jam yang lalu, seharusnya jam 17.05, tapi  sekarang sudah pukul 18.30 dan kami tidak di arahkan menuju pesawat.
Segera saja samperin petugas itu, dan bertanya,

“where is gate B3? Flight to Riyadh, Saudi Arabia?”
” I am sorry, there is a problem, your flight was already gone to Riyadh!”

Wohoow,,, artinya ketinggalan pesawat? aku ketinggalan pesawat? jelas, ini bukan kesalahanku, tapi kesalahan pihak Mihin Lanka. Panik, yah jelas, hal pertama yang mesti dilakukan adalah, gimana caranya saya menyampaikan kejadian ini ke orang tua? Nomer Indonesia aktif, tapi kok sinyalnya gak ada yah? padahal Roaming Internationalnya udah di aktifin. dengan sedikit panik, nanya sana-sini, akhirnya, ada tempat untuk nelpon luar negeri, but the next problem is, Uang rupiah gak laku .. ada sih Money changer, tapi kok mereka gak terima uang Indonesia yah? mereka bisanya pake uang Dollar.. ckckckck… Pelajaran traveling ke-5831, Kemana-mana harus bawa uang Dollar!

Uang dollar gak ada, yah cara lain, cari Jaringan Wi-Fi gratisan, setelah nanya-nanya lagi, yah dapet tempat yang menyediakan Wi-fi gratisan, baiklah, buka facebook, dan cari siapa yang online, ngarepnya sih si Uud online, tapi sayang lampunya tetap mati. Yah, ngontak salah satu dari teman yang sedang online dan bilang :

“Assalam, adek, di riyadh? minta tolong, bisa sms ke nomer baba saya 0567329*** untuk segera menghubungi saya di nomer 085299274*** , pesawat menuju Riyadh lagi bermasalah.”

1 jam kemudian, saya tetap tidak dihubungi -________-”

sambil menunggu pihak pesawat, yang kata beliau, penerbangan ke Riyadh akan ditunda sampai besok, jadi kami akan di carikan hotel untuk nginap. Makan dan nginep di tanggung pihak Mihin lanka. okelah.. lumayan 1 hari di negeri orang.  Berasa anak Hilang. hahaa

“mba, mba wartawan?” tiba-tiba seorang TKL menegurku,

“bukan, mas, saya mahasiswa?’ yah tepatnya sih fresh graduated, tapi di kondisi seperti ini, status “STUDENTS” sangat mempengaruhi petugas bandara memperlakukan penumpangnya, dengan status ini mereka lebih “memperhatikan” ktia. (begitulah saran dari adikku yang sudah 2 tahun bolak balik Indonesia-Riyadh).

“oh, iya, mbak juga berangkat menuju Riyadh? boleh minta tolong mbak? saya sekelompok TKI baru pertama kali ke Riyadh, saya ada 21 orang, dan diantara kami tidak ada satupun yang bisa berkomunikasi bahasa Inggris, mba bisa bantuin saya? ini ada apa ya? kok kita gak berangkat2 ya?”

Wew… kasian banget mereka, kok mereka pergi gak ada yang bisa bahasa asing? gak ada trainingnya yah? ckckck.. entahlah… baiklah karena saya orang yang baik hati dan tidak sombong (jiwa narsistik kambuh 😛 )  saya jadi pemimpin grup dadakan untuk mereka.

“Mas mau kerja di Arab nanti. bisa bahasa Arab?”
“Engga”
“Mas, mas gak di training dulu mas waktu pelatihan?”
“engga.”
“Mas ntar yang jemput disana siapa mas? tau gak ?”
“ada sih, tapi gak tau mba”
“mas ada nomer kontaknya yang jemput?”
“engga”

Jleb! mereka udah pas kalau disebut anak hilang -___-”

selain 21 orang TKI baru dari PT yang sama, ada 1 TKI yang jalan sendirian, dan 1 TKW yang sudah 1 tahun di Riyadh, serta 70 orang Rombongan Umroh. yah kurang lebih 94 penumpang ketinggalan pesawat menuju Riyadh. hmm… pasti di pesawat Menuju Riyadh itu kosong , 94 seat kosong. ckckck

setelah berjam-jam, skitar sampai jam 10.00 an malam waktu Srilanka, akhirnya pihak petugas dateng, dan kami diantar ke Hotel, Hotel Good Wood Plaza.

setiba dihotel, makan malam, dan berharap besok bisa berangkat ke Riyadh dengan aman.IMG_6103

Bandara Srilanka, setelah di photo, ternyata di papan kuning itu tertulis :  Plesa do not pose for photographs Turning your back to the sacred Buddha Statue . (artinya : dilarang narsis 😛 ).

IMG_6106

Romobongan TKI

IMG_6107

Rombongan Umroh

IMG_6112

IMG_6113

Di bandara ada jualan mesin cuci, ckckck mungkin bisa dijadikan oleh-oleh colombo, haha

IMG_6114 IMG_6115 IMG_6116

Pramugari Mihin Lanka.
IMG_6120

*to be continue


About Nunu Asrul

Dream Catcher | Pengamat Purnama & Bintang | Pengumpul Buku & Mainan | Penikmat Ice cream | Pengisi Blog | Penjelajah Alam | Biomedic-Physiologist |Mastoideus | @SigiMks | Soulmaks Creative | 1000Guru Makassar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 thoughts on “3 Hari 4 Negara – Part 2-