Pesta Komunitas Makassar 2015, Bukan Pesta Biasa. 1


Tepat pukul 17.00 saya dan teman hidupku tiba di Benteng Jumpandang (Fort Rotterdam), area parkiran full, membuat kami harus memutar tiga kali untuk mencari tempat parkir. Masih dalam mobil, sedikit tidak percaya begitu banyak manusia berkeliaran, begitu banyak kendaraan yang memadati jalan, dan begitu susahnya mencari parkir mobil. 15 menit lebih berputar-putar, akhirnya seseorang penjual es kelapa muda rela memberikan ruang untuk kendaraan bermobil. Cukup jauh dari benteng Rotterdam.

Dengan tergesa-gesa, saya berjalan memasuki Benteng Rotterdam. Begitu melewati gerbang. Tiba-tiba rasa haru membuncah di hati. Tiga area dari Pesta Komunitas Makassar padat. Unbelievable, Opening Ceremonial belum dimulai, pengunjung sudah memenuhi Benteng Rotterdam.

Kak nunu.. Kak nunu.. Kak nunu .. “ dari berbagai arah panitia memanggil namaku. Sebagai orang yang memegang seluruh ID panitia, saya merasa menjadi orang paling dicari oleh panitia. ID card panitia tidak di ambil, perut akan kelaparan. ID Panitia sepaket dengan kupon makan. Wajarlah saya jadi orang yang paling dicari.

Pesta Komunitas Makassar 2015 ini kali kedua saya terlibat didalamnya, setelah sukses di tahun 2014, tahun ini sy menjadi tukang mencatat segala agenda kegiatan. Banyak yang berbeda antara PKM2014 dan 2015.  Jumlah komunitas bertambah 2x lipat dari tahun lalu, melebih 130 komunitas. konsep PKM sesuai dengan tema : Sinergi, Harmoni, Aksi. Dan isi kegiatan selama 6-7 Juni 2014 lebih kepada kolaborasi komunitas.

1434006625453Pesta komunitas Makassar, Sponsor, dan media Partner

Empat agenda utama selama dua hari di awal juni tersebut.  Sebelum jam 12 Siang, Expo booth komunitas. setelah itu dilanjutkan Kelas “Project Kolaborasi”. Di sore hari berbagai jenis games menghibur pengunjung. Malam hari puncaknya acara, Malam Panggung Komunitas.  Terdapat tiga area PKM yang ketiga-tiganya sarat manusia. Area utama dengan 60 lebih komunitas, area dua space untuk komunitas dan bermain anak-anak, area tiga sebagai food court  yang selalu ramai setiap saat.

1434006223878 Ramainya pengunjung di area utama [dokumentasi @komunitasmks]

1434024755167 Area bermain dan games [dokumentasi @komunitasmks]

1434024458482

Area booth UKM Kreatif dan food court [dokumentasi @komunitasmks]

Terdapat 61 dan 32 Booth dan space komunitas. mereka dengan kreatifnya mendesain booth dan space yang diberikan dari panitia. Benteng Rotterdam berubah seketika, tenda camping dari Pajappa dan lampu obornya membuat kita seakan sedang berlibur di alam. Makassar berkebun memajangkan tanaman dan sayuran segar. Komunitas pecinta hewan pun turut hadir, Exotic Pet lovers (Explor), Komunitas Pecinta Iguana (KPI), Makassar Reptile Independent (MACREAI) , Musang lovers,  Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI), Betta Fish, Reptile Makassar Community. Mereka berhasil mengubah booth mereka menjadi kebun binatang mini dalam Benteng Rotterdam. Tidak kalah kreatif, komunitasku, Sahabat Indonesia Berbagi duet dengan Sobat budaya melebur dalam satu booth.

1434026539268Pajappa [dokumentasi @komunitasmks]

 IMG-20150608-WA0002

Sahabat Indonesia Berbagi dan Sobat budaya Makassar

Tidak kalah seru dalam Kelas “Project kolaborasi’. Komunitas yang sekategori dikumpulkan dan ditantang project apa yang akan dilakukan setelah PKM 2015 ini.  Kelas “Project Kolabosari”  dimulai oleh kategori Sosial edukasi dan travelling. Dari kelas ini akan dirembukkan ide project yang dapat dilakukan bersama-sama setelah PKM. Kelas Sosial edukasi dihasilkan 3 ide project kolaborasi yaitu, Festival Anak, Edu trip, dan Pemberdayaan Masyarakat. Dari Kelas Traveling, tercipta ide Kemah bakti di Pulau, dan 1000 Sayap merpati di Pantai Losari. Dari kelas IT/Onliner terbentuk ide PKM road to school (edukasi etika berinternet), Jambore instagram sedunia, serta buka puasa bersama anak yatim. Dan masih banyak ide kreatif project kolaborasi pasca PKM,

1434006598272

 Suasana Kelas Kolaborasi [dokumentasi @komunitasmks]

Tepat pukul 18.30 Wita, cuaca cerah dan Opening Ceremonial dimulai, Ratusan pengisi acara tampil dalam satu waktu. Saya yang berdiri di sisi kiri panggung speechless dengan melihat aksi teman-teman komunitas. IDM dengan semangatnya memukul alat-alat drumnya. Suara indah grup solois lintas komunitas mengaung di udara, Komunitas hijabers, Makassar talent hijab community, berkeliaran dengan cantik ditengah lapangan.  Makassar beatbox squad mengimbangi penyayi dan pukulan dari IDM, dan puluhan perwakilan komunitas berlarian mengitari lapangan sambil melambaikan benderanya. Hati bergetar, mata berkaca-kaca, persiapan selama tiga bulan nampak nyata di depan mata.

Tidak hanya sampai disitu, perform selanjutnya menghiasi panggung malam itu. Kolaborasi antara DJ Andhie dan Komunitas Parkour. Stand up Estafet, Fashion show dari Hijabers, hingga penampilan Band dari Pajappa yang membuat saya tambah mengharu biru. Mereka menyanyikan Jingle PKM 2015 yang sampai detik ini masih terngiang-ngiang di telinga.

1434058110727

 Malam Panggung komunitas [dokumentasi @komunitasmks]

Hari pertama berhasil ditutup dengan peringatan dari pihak keamanan Benteng. Mereka tampak kaget dengan arus masuk pengunjung yang tiada henti. Ribuan orang lalu lalang di benteng Rotterdam. Akhirnya panitia breafing untuk menjaga situasi di hari kedua PKM, Selain divisi acara, semua panitia menjadi divisi keamanan PKM 2015.

Hari kedua PKM2015 berjalan lancar jaya, sesekali gerimis romantis menyejukkan Benteng Rotterdam.  Kelas kolaborasi lebih padat, pengunjung semakin bertambah, dan aksi panggung komunitas berhasil meningkatkan adrenalin pengunjungnya.. Malam Panggung Komunitas tidak kalah menarik.  Diawali dengan Kolaborasi perform tari 4 etnis dari Sobat budaya Makassar dan Anggaru’ dari Taman Baca Academos. Dilanjutkan Pembacaan Puisi dari Malam Sureq, Stand Up Indo Makassar yang mengocok perut para pengunjung, penampilan Band-band, aksi dari Indonesia Nunchaku Club, kolaborasi tentara dari Young Ranger Airsoftgun dan Indonesia Zombie Club, dan ditutup dengan aksi dari The Macz Man membuat para pengunjung berpesta ria di PKM2015. Disela-sela penampilan dari berbagai komunitas, diumumkanlah pemenang #PKM Awards. PKM Award merupakan bentuk apresisasi untuk komunitas-komunitas di Makassar. Alhamdulillah, SIGI Makassar memenangkan 2 kategori sebagai kategori Sinergi dan Harmoni. 1000Guru Makassar sebagai kategori Aksi.

1434025100297

1434006236126 Ramainya pengunjung di Hari ke-2 [dokumentasi @komunitasmks]

Ini bukan Pesta biasa, Kepanitaan bukan berasal dari Event Organizer berpengalaman (baca : PKM 2015, Mengalihkan duniaku) Kami dari kumpulan komunitas yang ingin menyatukan seluruh komunitas yang ada di Makassar. Panitia dari PKM 2015 adalah Komunitas yang terlibat dalam PKM2015. PKM 2015 ini adalah awal, dimana semua komunitas saling berkenalan dan menjalin tali silaturahim antar komunitas. setelah itu akan lahirlah kegiatan-kegiatan kolaborasi antar komunitas. Lihat saja agenda kegiatan komunitas di www.komunitasmakassar.org , bulan-bulan kedepannya akan ramai dengan kegiatan-kegiatan positif dari komunitas yang ada makassar.

“Mari bersinergi berharmoni tanpa basa basi dengan Aksi. Pesta Komunitas Makassar… “

Dengan jingle PKM2015 disini : https://soundcloud.com/angkiupaahagia/jingle-pkm-2015

Salam SINERGI, HARMONI, AKSI  :”)

Sampai Jumpa di Pesta Komunitas Makassar 2016 !


About Nunu Asrul

Dream Catcher | Pengamat Purnama & Bintang | Pengumpul Buku & Mainan | Penikmat Ice cream | Pengisi Blog | Penjelajah Alam | Biomedic-Physiologist |Mastoideus | @SigiMks | Soulmaks Creative | 1000Guru Makassar


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Pesta Komunitas Makassar 2015, Bukan Pesta Biasa.