Sahabat Indonesia Berbagi on Pechakucha 2


 Pecha Kucha dalam bahasa jepang artinya “chit chat”. Agenda merupakan event temu komunitas, temu orang-orang kreatif, temu berbagai jenis latar belakang sebagai ajang untuk berbagi, berbagi informasi yang disampaikan dengan cara yang unik. 20 x 20. persentasi 20 slide dengan durasi 20 detik. Model persentasi yang cukup singkat padat jelas. menyampaikan informasi dalam durasi 20 detik per slide. Model singkat yang cukup mengintimidasi .. 20 detik? waw…

 19 September 2013 kemarin, di Makassar, diadakan Pecha Kucha Night Makasar Vol. 3 oleh Kedai Buku Jenny .  Event-event seperti ini sudah dilakukan di berbagai kota bahkan negara di dunia. Yang dipersentasikan pun temanya bebas, tentang kegiatan, informasi, atau  project-project kreatif . Tema kali ini yang diangkat oleh panitia Pecha Kucha kali ini adalah “Hidden Heroes”. Pahlawan yang tersembunyi dibalik “Kekisruhan” yang sedang terjadi di Makassar. Mereka para komunitas yang terus bergerak dan terus melakukang perkembangan yang kreatif dalam menemukan ruang-ruang di kota ini. Terdapat 10 presentator, ada Lontara Project, Titip Duleh, Kongsi Kura-kura, UKM Tari Unhas, Megawati Irawan, Recycle and craft, KLJI, SoulMaks, Irwan Idris, dan Sahabat Indonesia Berbagi Reg. Makassar.

Alhamdulillah, saya, mendapat kesempatan membawakan tentang komunitas yang sedang saya geluti sepenuh hati. Komunitas yang selalu memberikan aura positif. Komunitas yang membuat kita untuk terus berbagi kepada sesama. Komunitas yang mereka sudah seperti keluarga besar. banyak kebahagian yang bertaburan di sana. Komunitas Sosial, Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi) Reg. Makassar. Kepada mereka yang sangat ingin hadir di Pechakucha malam itu tapi tidak sempat, kepada mereka yang belum mengetahui tentang SIGi, kepada orang-orang yang mau menyalurkan rejeki kepada yang membutuhkan melalui kami. Saya dokumentasikan berupa tulisan dan video (meskipun sedikit terpotong dan nge-blur), tentang SIGi  (Lagi 🙂 ) .

20 Slide, 20 detik dalam 1 Slide, waktu yang sangat kurang menurutku untuk  menyampaikan apa yang saya rasa, saya lihat, saya dengar, saya tahu tentang SIGi. Tapi setidaknya melalui 20 detik itu, masih bisa menyebarkan “Virus Berbagi” kepada orang lain. Virus untuk menjadi  “Orang Hebat Yang Bergerak Ketika Tergerak “.

Baiklah ini berikut akan saya paparkan tentang Slide malam itu (kurang lebih)  🙂

1. Ada dua pertanyaan yang paling saya suka, “Apa itu SIGI?” dan “SIGI itu Apa?”

sebelumnya perkenalkan, nama saya Nur Al Marwah Asrul, bisa dipanggil Nunu, Marwah, tapi paling doyan dipanggil makan eskrim.

1

2. Sigi kepanjagnan adalah komunitas sosial yang berada di sepanjang nusantara Indonesia, kami. Sahabat Indonesia Berbagi adalah sebuah gerakan independen, bebas tidak terikat oleh golongan dan organisasi mana pun. Siapapun yang punya passion dan visi yg sama untuk berbagi kemanfaatan dengan sesama, boleh bergabung.

2

3. ini adalah lambang Sahabat Indonesia Berbagi. Perhatikan seksama, ilustrasi ini memperlihatkan sosok orang dan bayangan. Kenapa? Bayangan tidak lepas dari sosok kita, seperti Sahabat mereka ada yang paling mengerti. Perhatikan lagi, kalau diputar sedikit, tampak gambar hati, yah wajar saja kalau dalam keadaan apapun, kegiatan apapun, kt selalu menggunakan hati *eaa..

Tagline kami adalah : Jadi orang hebat yang bergerak ketika tergerak”

3

4.Komunitas ini terdapat di Sepanjang Nusantara Indonesia, Medan, Pekanbaru, Jabodetabek, bandung, Surabaya, dan Ambon baru mulai bergerak juga .. Masih banyak regional lain yang mulai  ikut tergerak, Mamuju, Padang, Yogyakarta.. dll..

4

5. Dan kami, Sigi Reg. Makassar, salah satu Sigi yang eksis juga di Dunia SIGI. berbagai macam kegiatan telah kami lakukan. SIGi berawal  dari pertemuan 4 orang melalui media sosial, sejak project pertama 3 November 2012, SIGi Makassar Lahir, dan hingga kini lebih 40 yg terdaftar sebagai member SIgi Reg. Makassar.

5

6. Receh Kahuripan diadakan tiap bulan, SIGi-ers Makassar mengumpulkan uang receh yang ditabung selama 1 bulan. Uang Receh yang terkumpul akan dimasukkan dalam rekening SIGi Makassar yang kemudian dana ini untuk membantu pendidikan anak-anak yang kurang mampu disekitar kita. Sejak ikutan RK, entah kenapa sy merasa bahagia kalau terima kembalian uang receh dari belanja di Alfa mart :). Ketika RK, kami saling berbagi cerita dalam Gelas Kosong, Terkadang kita harus memposisikan diri seperti gelas yang kosong, siap untuk menerima ilmu-ilmu baru, inspirasi baru, hal-hal positif yang baru. Supaya kita selalu fresh dan bisa kita berikan lagi yang baru-baru tersebut kepada orang lain. Indahnya berbagi   .

6

7. Aksi Sahabat Indonesia Tebar Buku (ASITERU)

Asiteru merupakan program berbagi buku baik perorangan maupun berkelompok, program merupakan wadah membaca buku untuk  anak-anak jalanan. Dalam program ini, kami mendapatkan donasi buku untuk Pojok Baca Asiteru. Dalam waktu tertentu, kami tebar buku di tempat-tempat umum, seperti anjungan losari, Fort Rotterdam, Atau Lapangan di Gowa. Jadi Siapapun boleh baca di tempat.

7

8. SIGi Carakde adalah kelas kami yang dilakukan di Kampung Nelayan Untia. Carakde dalam bahasa Makassar adalah “Pintar”. Carakde’ merupakan kepanjangan dari Baca, Aritmatika, Dakwah, dan English. Kami membuat kelas alternatif untuk adik-adik yang berada disana.

8

9. Project Berbagi merupakan project triwulan yang kami adakan. Dalam Project berbagi ini, Kami berbagi kebahagiaan, donasi, dan impian kepada adik-adik di Panti Asuhan.

9

10. Project berbagi #1  yaitu “Berbagi Sepatu di Panti Asuhan An Nur Rahman. Selain berbagi sepatu, terdapat juga penyuluhan kesehatanserta berbagi impian.

10

11. Project berbagi #2 kami adakan di Panti Asuhan Al- Fahmi ” SIGI MINI THEATER”. Kali ini kami mengajak adik-adik untuk menonton film inspiratif ” Untuk Rena”. selain itu, terdapat sharing motivasi, serta berbagai games yang kami suguhkan kepada adik-adiik.

11

12.Project berbagi #3 , dalam project yang ketiga ini, kami mengajak adik-adik pantit asuhan Bahri untuk keluar mengunjungi Museum Kota dan Museum Rotterdam . Agenda “Visit Museum” juga dihadiri oleh Safira si pendongeng.

12

13. Project Berbagi #4 dengan tema “Berkarya untuk Berbagi”. bekerja sama dengan Recycle and Craft. Inti acara dengan mengajari adik-adik dari Panti Asuhan Nur Huda untuk mengolah bahan bekas menjadi sesuatu yang dapat digunakan. seperti membuat buku . terdapat juga sharing impian dan games yang dibawakan dengan penuh keceriaan.

13

14. Sigi Makassar juga eksis berpartisipasi dalam agenda-agena komunitas lain. Bersama Komunitas Pedulia Anak Yatim Al-Aafiyah, kami mengadakan lomba antar panti asuhan dalam “JUARAYYA!”. Sigi Juga turut berpartisipasi dalam Kampanye Mangrove, Save Our Mangrove, bersama Mangrove Association project. Turut berpartisipasi dalam Earth Hour (EH) Makassar “Head Bag Mob). Juga turut menanam Red Chili Hot Farmer bersama Makassar berkebun. Tidak ketinggalan dalam Gathering Night dari Majalah Soulmaks. dan masih banyak lagi.

14

15. SIGI regional Luar juga tidak kalah kece. berbagai agenda mereka lakukan, dan menjadi inspirasi untuk kami. Berbagi Ceria Bersama Sigi, SIGIPRENEUR, Nonton film Inspiratif, dll.

15

16. Kami juga melakukan agenda jalan-jalan yang dikenal dengan Fun Trip. agenda ini bertujuan untuk mengakrabkan diri sesama sigii-er Makassar serta liburan bareng di suatu tempat yang indah.

16

17.Akan diadakan Gathering Nasional Sigi dan temu 100 komunitas yang ada di Makasasr. Gathering sekaligus merayakan milad Sigi Makassar yang pertama. Dalam rangka agenda tersebut, kami mengadakan Community Creative Class, yaitu 4 kelas kreatif: DIY (Do It Yourself), Kreasi Hijab, Kamera Lubang Jarum, dan Kelas Desain Grafis.

17

18. Gathering Nasional Sahabat Indonesia Berbagi akan diadakan di Makassar, hari Ahad 3 November 2013. Peserta Gathnas ini adalah SIGi se-nusantara + 100 komunitas yang terdapat di Makassar. Ada Komunitas? Daftarkan di Sigimakassar@gmail.com 🙂

18

19. Siapa Mereka? Sigier Makassar? Mereka adalah dokter,developer,mahasiswa,penulis, pengusahamuda, saintis, fisikawan, kimiawan, dosen, architect wannabe, fotografer, cinematographer, lomografer, pinholers, Harry potter freaks, Pecinta senja, Pecinta hujan, penunggu pagi,  Peggiat komunitas makassar (Ensiklopedi Makassar), Backpacker, Pegawai bank, desainer, Blogger, teknisi elektro dan sebagainya. 19

 

20. #Berbagi Keceriaan #Berbagi Kebahagiaan #Berbagi Semangat #Berbagi Impian #berbagi Ilmu #berbagi Kasih sayang #Berbagi Rezeki #berbagi Cerita #Berbagi Kisah

Info @SIGiMKS / @SIGI_news |  Fb : SAHABAT INDONESIA BERBAGI  | Sahabatindonesiaberbagi.org  | Sigimakassar@gmail.com

20

 


About Nunu Asrul

Dream Catcher | Pengamat Purnama & Bintang | Pengumpul Buku & Mainan | Penikmat Ice cream | Pengisi Blog | Penjelajah Alam | Biomedic-Physiologist |Mastoideus | @SigiMks | Soulmaks Creative | 1000Guru Makassar


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 thoughts on “Sahabat Indonesia Berbagi on Pechakucha