SIGi Carakde : Kelas Agama 4


Belajar Tanpa Batas – SIGi Carakde

Salah satu program dari Komunitas Sahabat Indonesia Berbagi adalah SIGi Carakde, Sebuah kelas alternative untuk daerah marjinal di Kota Makassar. SIGI Carakde merupakan projek pegembangan sumber daya manusia mulai dari pembentukan karakter, akhlak, dan kemampuan motorik serta kreatifitas adik-adik, sistem pembelajran di program Carakde ini mengacu pada modul yang disusun oleh tim dari kakak SIGIers. Kelas ini dilaksanakan setiap dua pekan sekali.
Saat ini, lokasi carakde berada di daerah pinggir Sungai Jeneberang Kota Makassar , tepatnya Asrma Dayung jl. Daeng Tata 3. Kelas Carakde Asrama dayung adalah kelas ke-5 setelah Carakde Untia, Carakde Lakkang, Carakde Losari, dan Carakde Pandang Raya.

Carakde asal katanya dari bahasa Makassar yang artinya pintar. Carakde merupakan kepanjangan dari Baca. Aritmatika, English, Dakwah. 4 hal tersebut merupakan pondasi besar dalam kelas yang kami lakukan.

Salah satu kelas yaitu kelas Agama, Materi yang diajarkan seputar Agama Islam, Alhamdulillah seluruh adik-adik di SIGi Asrama Dayung beragama Islam. Saya teringat Kelas Agama yang pertama bersama adik-adik. Setelah belajar tentang Rukun Iman dan Rukun Islam, kami pun bermain tanya jawab seputar Agama Islam.

Disebut apakah orang yang menjadi pemimpin dalam sholat? : Allah swt 
Disebut apakah yang adzan di mesjid? : Bilal
Disebut apakah yang ceramah ketika shalat jum’at? : Ustadz

Sepertinya Kelas Agama akan ditambah satu bulan lagi dari jadwal sebenarnya 😀

Pagi itu (Ahad, 21 Juni 2015), saya terlambat bangun, segera bergegas dan menuju Kelas Carakde. Sesuai jadwal, kali ini adalah kelas Agama.  Tiba dilokasi kakak-kakak SIGi sudah ramai, Kakak-kakak SIGi terlihat sudah sibuk bersama adik-adiknya masing-masing. Mereka sudah memulai dan membagi 3 kelompok : Kelompok belajar menghafal surah pendek Al-Quran, Kelompok belajar sholat, dan Kelompok belajar wudhu. Kelompok-kelompok ini dibagi berdasarkan umur. Jumlah mereka sekitar 30 sampe 40-an anak.
Dan saya pun berkeliling mengamati kelas yang berlangsung.

Kelompok yang menghafal Surah Pendek Al-Qur’an, sudah ribut dengan berbagai surah yang dibaca. Berbagai surah dari Juz Amma dibaca terbata-bata oleh adik-adik. Si kakak pun membantu mendampingi hingga bacaan selesai.

Saya beralih ke kelompok belajar sholat.Mereka rerata sudah bersekolah kelas 3-4 SD, langsung praktik satu per satu dengan bacaan tertulis di papan tulis. Papan tulisnya pun diletakkan didepan sajadah. Bacaan di lafalkan, supaya yang lain juga mendengar dan sama-sama mengoreksi jika ada yang salah. Cukup menggemaskan, beberapa ada yang tidak tahu niat shalat, terbalik-balik bacaan sujud dan rukuk dan terbata-bata bacaan duduk diantara dua sujud. Dengan sabar dan penuh keceriaan, kakak-kakak SIGi menuntun bacaan yang baik dan benar.

Pindah lagi ke kelompok kelas wudhu, mulai diajar bacaan niat berwudhu, lalu praktik berwudhu.

“jadi tahu meki berwudhu Silla?” saya menyapa salah satu adik,
“Iyaa kak, dulu saya suka salah-salah” Silla, salah satu adik yang asalnya dari Kalimantan, baru beberapa bulan di Makassar. Seharusnya sudah kelas 3 SD katanya.
“Salah-salah bagaimana?”
“Dulu saya tangan, baru mulut, baru muka, baru dahi, baru leher, baru kaki mi”

Adik-adik semangat belajar agama, sambil mengantri giliran berwudhu, saya melihat diantara mereka ada yang saling mengajari temannya, saling mencocokkan, saling mengingatkan.

PhotoGrid_1435911148244

Kelas Carakde

Selesai kelas saya bertanya kepada mereka yang beberapa sedang berada di dekatku.

“siapa yang puasa disini? “
“saya”- “Saya” -“ saya kak” – “saya juga” –“ ih balle balle, kalo puasako, tidak puasaki dia kak” – “ih puasaja nah, sampe dzuhurji tapi”  dan kemudian mereka berkelahi.

Menghadapi kelas seperti ini memang sudah harus siap mental, terkadang mereka rusuh, terkadang juga tiba-tiba ada yang menangis.

Besok, tanggal 5 July, Kelas Carakde ditiadakan, tapi bersama Radio Venus dan Bear beand akan ada kegiatan di benteng Rotterdam.  Memungut sampah dari pantai losari hingga benteng Rotterdam, dilanjutkan cerdas cermat dan buka puasa bersama #1Hari1kebaikan.

1435905761954
“Jadilah orang hebat yang bergerak ketika tergerak.- SIGi”


About Nunu Asrul

Dream Catcher | Pengamat Purnama & Bintang | Pengumpul Buku & Mainan | Penikmat Ice cream | Pengisi Blog | Penjelajah Alam | Biomedic-Physiologist |Mastoideus | @SigiMks | Soulmaks Creative | 1000Guru Makassar


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 thoughts on “SIGi Carakde : Kelas Agama